Selasa, 19 Oktober 2010

Asal Mula Tanaman Teh di Indonesia



Tanaman teh atau bahasa kerennya camellia  pertama kali ada di Indonesia sejak tahun 1684 yang dibawa oleh seorang Jerman yang bernama Andreas Cleyer dari Jepang yang berupa biji dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta.

Kemudian baru pada tahun 1694 perdu teh muda yang berasal dari Cina tumbuh di Taman Istana Gubernur Jenderal Champhuys  di Jakarta berdasarkan laporan dari Valentijn, perdu teh muda yang berasal dari Cina ini biasa di sebut dengan bahasa kerennya Camellia Sinensis. Semenjak itu maka di budidayakanlah teh asal cina ini atau biasa disebut Camellia Sinensis di  Perkebunan Teh Indonesia.


Baru pada tahun 1877 seorang Insinyur asal Belanda yang bernama Ir.Rudolp Eduard Korkhoven membawa Teh jenis Asam atau bahasa kerennya Camellia Assamica  ke Indonesia dari Srilangka dan menanamnya di Kebun Gambung, Jawa Barat.


Teh Asam atau Camellia Assamica inilah secara berangsur-angsur menggantikan tanaman Teh asal Cina di Indonesia dan sejak saat itu tanaman Teh Asam atau Camellia Assamica menjadikan perkebunan Teh Indonesia berkembang makin luas

1 komentar:

  1. yups kang...correct
    Nih coba cek beberapa link....

    http://www.ritc.or.id/profil/sejarah-gambung.html
    http://www.ritc.or.id/berita/di-mana-perkebunan-teh-terbesar-di-jawa-barat.html
    http://maulanusantara.wordpress.com/2009/07/02/karel-albert-rudolf-bosscha/
    http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1198331478
    http://nalar.co.id/kisah-secangkir-teh-indonesia-916.php
    http://rumahteh.com/detail.php?judul=Siapa%20Bosscha%20Sebenarnya?
    http://www.republika.co.id:8080/berita/14529/ragam_pesona_alam_ciwidey?quicktabs_14529=second
    http://www.fmipa.itb.ac.id/index.php/in/arsip/103-inaugurasi-faculty-club-house-wisma-kerkhoven-dan-seminar-sehari-astronomi-observatorium-boscha--it

    BalasHapus